Senin, 18 Maret 2019

MUHASABAH DALAM RANGKA MENGHADAPI UNBK DAN UKK





 



Kegiatan Muhasabah merupakan kegiatan yang  diadakan menjelang siswa/i kelas XII menghadapi Ujian Nasional (UN)dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Selain merupakan salah satu dari program langkah sukses UN SMK Muhammadiyah 2 Jakarta, kegiatan muhasabah ini bertujuan agar siswa/i dapat lebih mendekatkan diri  kepada Allah SWT. Sehingga pada akhirnya siswa dapat tawakal, berserah diri kepada Allah SWT setelah selama ini berusaha dengan sungguh-sungguh. Kegiatan Muhasabah ini dihadiri oleh Kepala Sekolah Ibu Hj. Lazuardiah, MA, Wakil Kepala Sekolah Ibu Siti Martini, S.PdI dan Bapak Purwandaru, S.Pd, Ketua Program Studi Akuntansi Ibu Rachma Anggita, S.Pd, Ketua Program Studi Administrasi Perkantoran Bapak Drs. Wahyu Warsita, dan Bapak Drs. M. Slamet Wadji Ketua Program Studi Pemasaran, Bapak Djenal Lailamaluddin, S.Pd dan Ibu Qurratu Ainin, S.PdI selaku Guru BK dan Ibu Lily Maryani selaku salah satu wali kelas XII serta para orang tua atau wali siswa/i.
Kegiatan dibuka dengan pembacaan Kalam Illahi dan Sari Tilawah dari Ananda Khofifah dan Wulandari, yang mana keduanya merupakan siswa kelas XII. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 2, Ibu Hj. Lazuardiah, MA. Sambutan kedua oleh Bidang Kurikulum, Bapak Purwandaru, S.Pd. Selanjutnya, ketua program studi Pemasaran Bapak Drs. M. Slamet Wadji dan ketua program studi Akuntansi, Ibu Rachma Anggita, S.Pd  untuk menyampaikan sepatah dua patah kata berkaitan dengan pelaksanaan uji kompetensi keahlian. 
Dalam kesempatan ini, pihak sekolah mengadakan muhasabah selain agar siswa/i dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga pada akhirnya siswa/i dapat tawakal, berserah diri kepada Allah SWT, kegiatan muhasabah ini bertujuan untuk mendorong semangat seluruh siswa menghadapi UNBK dan UKK sehingga mereka semakin antusiasias dan percaya diri dalam menghadapi ujian nantinya.
Selanjutnya, Ibu Siti Martini, S.PdI, meminta siswa/i kelas XII untuk berhadap-hadapan dengan orang tua/ walinya. Setelah itu, siswa/i kelas XII diminta untuk meminta maaf lalu membasuh kaki orang tua / wali. Pada kegiatan ini siswa/i dan orang tua terlihat tak kuasa menahan air mata mereka. Sehingga semua yang hadir pun ikut terharu dibuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar