Senin, 29 Oktober 2018

LITERASI OPTIMAL, PRESTASI MAKSIMAL



Kegiatan Siswa/I SMK Muhammadiyah 2 Jakarta
 di Festival Literasi Sekolah 
Festival Literasi Sekolah dilaksanakan sebagai ajang perayaan literasi. Ada lebih dari 30 mata acara yang terjadwal selama tiga hari pelaksanaan, di antaranya dialog literasi, pelatihan literasi, dan peluncuran buku. Acara berlangsung di empat area berbeda di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, yaitu Panggung Utama, Pojok Literasi, Ruang Serbaguna Perpustakaan, dan Ruang Teater Perpustakaan Kemendikbud. Sebagian besar acara dilaksanakan secara paralel sehingga pengunjung dapat memilih acara sesuai minatnya.  
Partisipan yang terlibat dalam acara ini juga beragam. Sekolah-sekolah jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan PKLK berbagi praktik baik literasi melalui poster dan stan literasi. Pengunjung dapat bertanya mengenai program literasi yang dijalankan di sekolah. Ada pula sekitar 30 mitra yang terlibat menyemarakkan acara ini antara lain komunitas literasi, penerbit, dan lembaga internasional dalam bentuk stan literasi, diskusi, dan pelatihan.
Ada tiga tujuan yang ingin dicapai selama pelaksanaan FLS. Pertama menciptakan gerakan masif perayaan literasi dalam rangka meningkatkan kemmampuan membaca siswa pada level tertinggi. Kedua menggugah kesadaran masyarakat bahwa literasi adalah bagian dari hidup keseharian. Ketiga membangun pembelajaran sepanjang hayat," ujar Hamid di Perpustakaan Kemendikbud, Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018)
Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-2 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017.
Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad, FLS merupakan perayaan literasi yang mewadahi warga sekolah yaitu siswa, guru dan kepala sekolah serta penggiat literasi, pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akademisi, penerbit, lembaga, mitra dan orang tua dalam sebuah forum bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar